Kamis, 14 Januari 2016

toturial membuat VM pada proxmox

toturial membuat VM pada proxmox

Toturial Membuat VM di Proxmox

1. Nyalakan server Proxmox anda dan Buka ip address proxmox anda dengan web browser. 

2. Akan muncul "Proxmox VE Login", kita harus memasukkan username dan password. Klik Login 


3.  Pada pojok kanan atas terdapat 3 menu Logout, Create VM, Create CT. Klik yang Create VM.



4. Setelah itu, akan muncul kotak box Create Virtual Machine. Masukkan Node, dan VM ID. Misalnya: Node: smkn bisa, VM ID: 100. Klik Next.



 5. Selanjutnya kita akan mengisi pada tab konfigurasi OS yang kita gunakan. Klik Next.



 6. Kemudian, kita akan masuk ke tab CD/DVD. Disini, kita akan memilih file iso dari OS yang kita miliki pada tab ISO Image. Kemudian klik Next.


7. Setelah itu masuk ke tab Hard disk, disini kita cukup mengatur Disk size (GB) saja misal disk yang akan saya gunakan 100 GB.


8. Kemudian kita mengatur CPU untuk VMnya, untuk sockets dan cores saya menggunakan 1 saja. Sockets dan cores dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Klik Next.


9. Kita akan masuk ke tab Memory, tentukan kebutuhan RAM/Memorynya. Misal saya menggunakan memory sebesar 1 GB. Lalu klik Next.


10. Selanjutnya, kita akan masuk ke tab Network, kita cukup mengisikan VLAN Tagnya saja. Untuk Network saya memilih Bridge mode dan VLAN Tag dan saya sesuaikan dengan VLAN ID pada Mikrotik saya yaitu 1528. Untuk yang tidak menggunakan VLAN ID bisa disetting NAT. Lalu klik Next.


11. Akan muncul kotak informasi dari konfigurasi VM yang telah kita buat. Klik Finish.


semoga bisa dimengerti  dan bermanfaat..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar