Minggu, 10 Januari 2016

Cara menentukan Tinggi Tower dan sudut Elevasi menggunakan Google Earth

Cara menentukan Tinggi Tower dan sudut Elevasi menggunakan Google Earth

CARA MENENTUKAN TINGGI TOWER DAN SUDUT ELEVASI MENGGUNAKAN GOOGLE EARTH

Salah satu fungsi dari aplikasi besutan google bernama Google Earth, ialah kita bisa nementukan sudut elevasi dari suatu wilayah. Hal ini difungsikan agar saat kita memasang tower untuk koneksi internet. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google Earth, tampilannya seperti gambar dibawah ini, kemudian pilih 2 wilayah yang ingin dipasang tower. Disini saya masuk di kabupaten nabire yang berada di provinsi papua.


2. Pilih Add Placemark, untuk menandakan lokasi wilayah pertama kemudian beri nama lokasi wilayah tersebut kemudian klik ok, disini saya masuk di wilayah pelabuhan nabire papua.


3. Kemudian Pilih Add Placemark lagi, untuk menandakan lokasi wilayah kedua kemudian beri nama lokasi wilayah tersebut kemudian klik ok, disini saya masuk di wilayah bandara nabire papua.


4. Kemudian ukur kedua wilayah tersebut dengan cara menekan tombol Show Ruler, kemudian kilik lokasi wilayah pelabuhan nabire dan lokasi wilayah bandara nabire maka jarak dan sudut antara kedua wilayah tersebut akan kelihatan, lihat gambar dibawah ini, jarak pelabuhan ke bandara nabire yaitu 17,84 Kilometer.


5. Di tahap ini kita memberi keterangan wilayah dan jarak kedua wilayah yang ingin kita pasang tower untuk internet.


6. Ini adalah hasil keterangan jarak wilayah yang telah kita buat pada tahap sebelumnya.


7. Klik kanan pada Ruler kemudian klik kanan pada garis penghubung  kedua wilayah kemudian pilih show elevation profil, maka akan muncul sudut elevasi kedua wilayah tersebut, lihat gambar dibawah ini.


8. Buka aplikasi browser kemudian klik di url mikrotik.co.id, maka akan muncul web site mikrotik indonesia, kemudian cari link yang bernama aplikasi bantu, kemudian cari link yang bernama perhitungan ketinggian antena (tower).


9. Setelah menekan link perhitungan ketinggian antena tower maka akan muncul web page seperti gambar dibawah ini, kemudian kita mengisi Frekuensi yaitu 2400 MHz, Jarak kedua wilayah yaitu 17,84 Km dan Asumsi tinggi penghalang rata-rata yaitu 20 meter kemudian klik link hitung. Maka akan muncul jawaban tinggi antena minimum yang disarankan yaitu 44,1 Meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar