Jumat, 04 Maret 2016

pengertian DNS dan PENGERTIAN hostname

DNS



PENGERIAN

          Domain Name System (DNS) adalah hirarkis sistem penamaan desentralisasi untuk komputer, jasa, atau sumber daya yang terhubung ke Internet atau jaringan pribadi . Ini asosiasi berbagai informasi dengan nama domain ditugaskan untuk masing-masing entitas yang berpartisipasi. Paling mencolok, itu menterjemahkan lebih mudah menghafal nama domain ke numerik alamat IP yang dibutuhkan untuk tujuan menemukan dan mengidentifikasi layanan komputer dan perangkat dengan protokol jaringan yang mendasarinya. Dengan menyediakan, didistribusikan di seluruh dunia layanan direktori , Domain Name System merupakan komponen penting dari fungsi Internet.


FUNGSI

Sebuah analogi yang sering digunakan untuk menjelaskan Sistem Nama Domain adalah bahwa ia berfungsi sebagai buku telepon untuk Internet dengan menerjemahkan komputer yang ramah manusia hostname menjadi alamat IP. Misalnya, nama domain www.example.com diterjemahkan ke alamat 93.184.216.119 ( IPv4 ) dan 2606: 2800: 220: 6d: 26bf: 1447: 1097: aa7 ( IPv6 ). Tidak seperti buku telepon, DNS dapat dengan cepat diperbarui, memungkinkan lokasi layanan pada jaringan untuk berubah tanpa mempengaruhi pengguna akhir, yang terus menggunakan nama host yang sama. Pengguna mengambil keuntungan dari ini ketika mereka menggunakan bermakna Uniform Resource Locator (URL), dan alamat e-mail tanpa harus mengetahui bagaimana komputer benar-benar menempatkan layanan.
Selain itu, DNS mencerminkan partisi administrasi.  Untuk zona dioperasikan oleh registry , juga dikenal sebagai akhiran publik zona, informasi administrasi sering dilengkapi dengan registri RDAP dan WHOIS layanan. Data yang dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang, dan melacak tanggung jawab untuk, host diberikan di Internet. 



HOSTNAME 


         HOSTNAME adalah label yang ditugaskan ke perangkat terhubung ke jaringan komputer dan yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam berbagai bentuk komunikasi elektronik seperti World Wide Web , e- email atau Usenet . Hostname mungkin nama-nama sederhana yang terdiri dari satu kata atau frase, atau mereka mungkin terstruktur.
Di Internet , nama host mungkin telah ditambahkan nama Domain Name System domain (DNS), dipisahkan dari label host-spesifik oleh periode ( "dot"). Dalam bentuk terakhir, nama host juga disebut nama domain. Jika nama domain sepenuhnya ditentukan, termasuk top-level domain Internet, maka nama host dikatakan menjadi nama domain berkualifikasi lengkap (FQDN). Nama host yang mencakup DNS domain sering disimpan dalam Domain Name System bersama-sama dengan alamat IP dari host yang mereka wakili untuk tujuan pemetaan nama host ke alamat, atau proses sebaliknya.


  Perbedaan DNS (Domain Name System) Dan Domain

  DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. Sedangkan, Domain adalah nama unik (unique name) yang diberikan untuk mengidentifikasi (to identified) nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.  











Tidak ada komentar:

Posting Komentar