Jumat, 19 Februari 2016

PENGENALAN CMS DRUPAL | cara membuat website

PENGENALAN CMS DRUPAL

pengertia drupal

Drupal merupakan salah satu dari cara membuat website dengan Content Management System (CMS) berbasis web, pengertian dari Content Management System (CMS) itu sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambah dan atau mengelola content dari Website dan dengan menggunakan CMS kita akan dengan mudah :Menambah, mengubah dan menghapus dokumen/content; Menambah dan menghapus suatu modul/fungsi tambahan/plugins; Mengatur User (management user); Melakukan Update (management update).

Drupal sendiri berasal dari sebuah kata druppel” yang berarti “drop” dan sampai saat ini pengembangan dan perawatan dari Drupal sendiri dilakukan oleh ratusan ribu komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.
Drupal muncul pada sekitar tahun 2000 yang pada saat itu Dries Buytaert dan Hans Snijder yang merupakan mahasiswa dari Universitas Antwerp (Terletak di negara Belgia), membuat sebuah website sederhana untuk keperluan diskusi, melaporkan status jaringan komputer atau sekedar berbagai informasi bersama teman-temannya dan pada saat mereka lulus kuliah mereka berdua memutuskan untuk menempatkan website ini secara online agar mereka tetap dapat saling berkomunikasi.
Keunggulan dari Drupal adalah dapat diunduh secara gratis dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu/perorangan maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada untuk website.
Kelebihan Drupal sebagai CMS adalah :
•           Drupal menggunakan bahasa pemrograman PHP.
•           Menggunakan database yang support diantaranya MySQL dan PostgSQL.
•           Mudah saat proses Instalasi dan mudah dijalankan.
•           Fasilitas Webblog yang powerfull.
•           Kemampuan Multisite yaitu dapat membuat website induk yang terdiri atas beberapa website anak. Sehingga jika perlu upgrade maka cukup induknya saja yang diupgrade. Ini berguna sekali untuk membangun website komunitas di mana masing-masing anggota mempunyai website-nya sendiri.
•           Pembuatan Forum dan Komentar sangat mudah tanpa menambahkan fungsi atau module apapun (cukup menggunakan module core).
•           Adanya fasilitas Tracker, yaitu kemampuan CMS untuk menampilkan apa saja yang pernah ditulis atau dikirim oleh user tertentu.
•           Mendukung pembuatan website multi language.
•           Adanya fasilitas Taxonomy ( pengkategorian ) yang fleksibel dan terintegrasi.
•           Pembuatan Menu yang mudah (primary maupun secondary).
•           Drupal dapat berjalan di atas berbagai sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, linux, freeBSD dan lain-lain yang mendukung server web Apache
Kini kita telah tahu tentang pengertian Drupal dan kelebihannya. Cara membuat website kita pun lebih beragam karena kita telah mengetahui jenis CMS satu ini. Drupal bisa kita jadikan acuan saat kita membuat website berjenis komunitas atau yang sejenisnya.

semoga bisa dimengerti dan dapat bermanfaat..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar